Mahasiswa Transfer

Pengertian

Mahasiswa Transfer adalah mahasiswa pindahan dari lingkungan Universitas Trisakti berbeda program studi, atau pindahan dari Universitas Lain.

 
 
Ketentuan Umum

1.     Universitas Trisakti dapat menerima mahasiswa pindahan dari program studi yang berbeda dalam lingkungan Universitas Trisakti dan dari luar Universitas Trisakti, selama dapat memenuhi ketentuan dan bersedia mematuhi peraturan yang berlaku di lingkungan Universitas Trisakti, baik program pendidikan strata maupun diploma.

2.    Ketentuan ini berlaku untuk mahasiswa pindahan antar perguruan tinggi lingkup DALAM NEGERI, sedangkan ketentuan perpindahan dari Perguruan Tinggi luar negeri diatur dalam ketentuan tersendiri.

3.    Ketentuan mahasiswa pindahan yang tidak diatur dalam peraturan, ditentukan oleh masing-masing Fakultas dan harus memperoleh persetujuan dari Fakultas dan Jurusan yang dituju.

 
 
Persyaratan Akademik  
1.   Masih dalam batas masa studi dan tidak putus studi/drop out (DO)

2.  Sudah menjalani kuliah minimal 2 (dua) semester dengan IPK  ≥  2.50 dari Perguruan Tinggi Asal.

3.  Melampirkan surat keterangan dari Perguruan Tinggi Asal yang menjelaskan masa awal studi dan masa akhir studi, serta kartu hasil studi setiap semester.

4.  Jumlah sks yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Asal oleh mahasiswa yang bersangkutan paling sedikit adalah n x 12 (dua belas) sks tanpa nilai D dan E (n adalah jumlah semester yang telah ditempuh).

5.  Wajib mengikuti tes yang ditentukan oleh Fakultas.

6.  Mentaati ketentuan akademik yang berlaku dalam lingkup Universitas Trisakti.

7.  Transkrip nilai konversi dibuat oleh Jurusan/Program Studi dan diajukan ke Dekan untuk dibuatkan penyetaraan. Dekan akan mengusulkan penyetaraan mata kuliah pada Wakil Rektor Bidang Akademik untuk mendapatkan persetujuan, yang dibuat rangkap 3 (tiga).

8.  Masa studi dari Universitas/Fakultas/Program Studi Asal, diperhitungkan dalam masa studi Fakultas/Program Studi yang baru sesuai sks yang diterima.

9.  Lama studi maksimal sama dengan beban sks dalam kurikulum dikurangi jumlah sks yang disetarakan dibagi 12 (dalam satu semester).

10.Jumlah sks yang diakui ditetapkan melalui proses penyetaraan, dengan ketentuan sebagai berikut :

a)    Bagi Mahasiswa pindahan yang berasal dari Perguruan Tinggi di luar Usakti.

1)     Program Studi menerima Mahasiswa Pindahan dari Program Studi yang memiliki status akreditasi dengan peringkat :

§  Lebih tinggi

§  Sama

§  Satu tingkat lebih rendah

2)    Apabila status Akreditasi Perguruan Tinggi asalnya adalah “Sama atau Lebih Tinggi”, maka yang dapat di akui adalah maksimal 80% dari sks yang dibawa dengan nilai minimal C, namun tidak melebihi 100 sks.

3)    Apabila status Akreditasi Perguruan Tinggi asalnya adalah “Lebih Rendah Satu Tingkat”, maka yang dapat diakui adalah maksimal 70% dari sks yang dibawa dengan nilai minimal C, namun tidak melebihi 100 sks.

b)    Bagi Mahasiswa pindahan yang berasal dari Program Pendidikan / Program Studi lingkup Universitas Trisakti, maka yang dapat diakui adalah maksimal 85% dari sks yang dibawa dengan nilai minimal C.

11. Proses penyetaraan diatur oleh Fakultas/Program Studi melalui Surat Keputusan Rektor

 
Persyaratan Administrasi

1.     Mengajukan surat permohonan Kepada Rektor dengan tembusan Dekan Fakultas selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sebelum awal semester, dengan melampirkan :

a)  Transkrip akademik yang dilegalisir

b)  Fotokopi ijazah SMA/SMK yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan, sesuai peraturan Mendiknas No.59 tahun 2008.

c)   Surat keterangan pindah dan status terakhir mahasiswa dari Perguruan Tinggi Asal.

d)  Surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari Pusat Medis Trisakti.

2.    Mendapat surat persetujuan dari Rektor/Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dekan Fakultas yang bersangkutan.

3.    Membayar biaya pendidikan yang besarannya sesuai dengan ketentuan biaya pendidikan yang berlaku pada Tahun Akademik berjalan untuk mendapatkan NPM (Nomor Pokok Mahasiswa).

4.    Memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

5.    Bagi mahasiswa pindahan lintas Program Studi, diatur tersendiri sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Fakultas yang bersangkutan.

6.    Untuk perpindahan mahasiswa antar Fakultas dalam lingkup Universitas Trisakti, disahkan dengan Keputusan Rektor atas pertimbangan Dekan terkait.

7.    Biaya SPP yang sudah dibayarkan, akan diperhitungkan secara proporsional berdasarkan masa studi yang telah dicapai.

8.    Untuk perpindahan dari Universitas lain di dalam negeri, wajib melampirkan surat keterangan pindah dan status terakhir mahasiswa yang bersangkutan di Perguruan Tinggi Asal.

9.    Bagi mahasiswa pindahan dari luar negeri, harus berasal dari Perguruan Tinggi yang diakui oleh Dirjen DIKTI dan melampirkan ijazah dan transkrip nilai yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah resmi serta telah disahkan oleh Dirjen DIKTI Depdiknas.

Prosedur

1. Akses site www.spmb.trisakti.ac.id

2. Login dengan user dan password yang telah dibuat (jika belum punya lakukan prosedur pembuatan akun)

3. Klik menu Mahasiswa Transfer

4. Mengisi form permohonan transfer matakuliah ke Program Studi dituju

5. Program Studi melakukan proses verifikasi dan persetujuan, jika Program Studi tidak menyetujui, maka proses Selesai.

6. Program Studi menyetujui dan melakukan proses penyetaraan matakuliah, kemudian mengirim hasil penyetaraan ke fakultas

7. Jika hasil penyetaraan yang dikirim ke Fakultas tidak disetujui oleh Dekan, maka proses Selesai.

8. Jika hasil penyetaraan disetujui oleh Dekan, maka hasil penyetaraan tersebut dikirim ke Universitas.

9. Biro Administrasi Akademik (BAA) melakukan verifikasi dan validasi hasil penyetaraan matakuliah dan memberikan persetujuan.

10. Wakil Rektor I akan memberikan persetujuan penerimaan.

11. Pendaftar mengunduh surat panggilan dan melakukan pembayaran ke bank yang menandakan pendaftar menerima hasil penyetaraan.

12. Selesai